a

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor. Aenean massa cum sociis Theme natoque.

Latest Posts

1-677-124-44227
184 Main Collins Street West Victoria 807
info@yoursite.com

Single Post

Virtual Tour Mangkunegaran

Jika kalian berkunjung ke Surakarta, ada satu tempat yang wajib kalian kunjungi nih. Tempat ini tak lain dan tak bukan adalah Istana Mangkunegaran, sebuah istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman pada penguasanya. Terletak di Surakarta, istana ini mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I dengan mengikuti model keraton. Istana mangkunegaran, atau yang kerap disebut Pura Mangkunegaran ini dibangun setelah Perjanjian Salatiga yang mengawali pendirian Praja Mangkunegaran yang ditandangani oleh kelompok Raden Mas Said, Pangeran Mangkubumi, Sunan Pakubuwana III, dan VOC pada masanya. Oleh karena itu, bangunan ini memiliki arsitekur Jawa-Eropa yang khas hingga saat ini.

(Source: Dinas Pariwisata Solo)

Saat ini, Pura Mangkunegaran telah menjadi pusat budaya dan seni di Kota Solo. Berbagai koleksi berharga yang ada di dalam istana dipercaya berasal dari Kerajaan Mataram dan Majapahit. Jika kalian berkunjung ke istana ini, ada beberapa hal menarik yang dapat kalian saksikan. Pertama, ketika kalian memasuki area Puro Mangkunegaran, kalian akan disuguhkan dengan bangunan bergaya Eropa bertuliskan Kavalerie-Artillerie yang menjadi tempat pasukan berkuda Mangkunegaran. Selain itu, kalian akan disuguhkan dengan arsitektur pendopo yang bergaya Jawa-Eropa. Pendopo ini digunakan untuk pertunjukan tari dan wayang yang umumnya diiringi dengan satu set gamelan bernama Kyai Kanyut Mesem.

Setelah melewati pendopo, kalian akan mengunjungi Pringgitan, yaitu tempat dimana keluarga kerajaan tinggal. Terdapat juga Rekso Pustoko, yaitu tempat koleksi benda benda kerajaan seperti koleksi topeng, kereta, dan berbagai koleksi lainnya.

Lalu masuk ke Bale Warni, kalian dapat melihat koleksi perhiasan dan kursi singgasana raja yang digunakan pada upacara keraton. Dalam upacara pernikahan putri raja, singgasana dipakai untuk acara sungkeman putri raja kepada orangtuanya.

(Source: The TraveLearn)

Keluar dari Bale Warni, wisatawan dapat melewati lorong taman yang dihiasi pohon buah rambutan serta patung wanita di sepanjang halaman taman. Terkadang, Istana Mangkunegaran juga mengadakan acara minum teh sambal makan kudapan di sore hari. Acara ini diadakan di kamar pengantin putri raja Mangkunegaran. Uniknya, di kamar ini terdapat tujuh kaca cermin yang mengelilingi tembok kamar, sehingga ketika seseorang berdiri di depan salah satu kaca, pantulan badan akan memantul dari semua sudut cermin dan kecantikannya terlihat dari segala sudut. Ditambah lagi, kamar mandi di dekat kamar ini berasal dari pancuran mata air Gunung Merbabu, yang konon katanya dapat membuat awet muda dan menambah kecantikan dari putri keraton. Wah, menarik sekali ya!

Nah, itu tadi adalah sedikit cerita mengenai bagian bagian Istana Mangkunegaran dan beberapa filosofinya. Tenang saja, Istana ini terbuka untuk umum, sehingga kalian dapat mengunjunginya secara langsung. Jika kalian beruntung, terkadang ada anggota kerajaan yang tengah pulang kampung dan bersedia untuk ikut memandu tur di Istana ini. Langka sekali bukan? Kalau udah gini, pasti kangen liburan nih. Sayangnya,  kondisi sekarang mungkin belum cukup kondusif untuk kita bisa bepergian kemana-mana. Tapi tenang aja! DigiTiket kini menghadirkan paket Virtual Tour Mangkunegaran. Di Virtual Tour kali ini, kalian akan dipandu oleh guide yang berpengalaman untuk mengetahui sejarah kerajaan ini, napak tilas pada peninggalannya, dan menyaksikan bagian bangunan yang bersejarah ini.  Pas banget untuk mengisi liburan kalian di tengah pandemi dan menghapus kerinduan akan jalan jalan nih . Tunggu apalagi, daftar disini yuk! Atau jika ingin tahu info lain mengenai virtual tour DigiTIket, segera kunjungi link ini ya!

Leave a Reply:

You don't have permission to register